Tuesday 24 May 2011

Berbagi Ilmu untuk hidup yang lebih baik

Ada artikel Inspirasi  "Ilmu memancing" ini bukan menceritakan tentang bagaimana mendapatkan ikan sebanyak banyaknya tetapi menggambarkan bagaimana kita berbagi ilmu dari  ilustrasi 2 orang yang jago memancing, yang satu tanpa pamrih mau berbagi imu keahliannya, dan lainnya tidak mau berbagi dengan alasan keahliannya terlalu mahal untuk dibagikan.
perbedaan ini berpengaruh pada hari tua mereka,pemancing yang tidak mau berbagi ilmu,harus memancing sendiri untuk mencukupi kebutuhannya bahkan disaat hari tua menjemputnya.Sedangkan pemancing yang murah hati mendapatkan ikan berlimpah sebagai'hadiah' dari murid muridnya yang berhutang budi padanya.

Dalam keseharian kita sangat mudah menjumpai karakter dari 2 orang tersebut,keduanya merupakan karakter dari manusia secara umum.
Ilmu yang didapat dari mana saja bisa,dari guru,orangtua,.majalah,.buku dan alam sekitar.apalagi dijaman sekarang,internet mudah diakses dimana mana.Fasilitas ini ibarat perpustakaan yang tidak ada batasnya,karena makin beragamnya sumber ilmu,jadi tidak ada alasan untuk tidak belajar.

kita bisa menemukan segala ilmu dari sana dan mempelajarinya secara otodidak sampai menjadi ahli
jika kita sudah ahli maukah berbagi ilmu dengan sesama???
Harta ilmu berbeda dengan harta benda.jika kita berbagi harta benda,jumlah kekayaan kita akan berkurang sesuai dengan jumlah harta yang kita berikan.

Ilmu yang kita berikan kepada orang lain tidak membuat ilmu kita berkurang,didalam alquran juga telah dikatakan, "sampaikanlah walaupun satu ayat" .Ilmu yang kita berikan ibarat nyala api dalam lilin,walaupun memberikan api kepada lilin lilin yang lain,lilin itu tidak berkurang cahayanya.

maka berbahagialah mereka yang memberikan ilmu tanpa mengharapkan balasanya karena sesungguhnya hukum alam selalu memberikan imbalan setiap amal perbuatan yang kita lakukan tanpa perlu memintanya.Maka pada saat kita mempunyai kesempatan untuk memberi,berilah!!karena dari sisi lain kita pasti akan mendapatkan sesuatu bahkan diluar dugaan kita,.amiin..

by kabul abdullah

No comments:

Post a Comment